Header Ads

Header ADS

7 Persiapan Penting untuk Persiapan Ibadah Haji



Keinginan untuk menjalankan ibadah haji sebagai penyempurna ibadah sudah semakin kuat bahkan di kalangan muda. Dapat kita ketahui, saat ini tantangan untuk menjalankan ibadah ini masih terus harus dihadapi, terutama terkait dengan biaya dan waktu tunggu. Tapi apakah kamu tahu apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum menjalankan ibadah haji? Simak artikel berikut:
  • Persiapan mental dan spiritual, menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban dan menjadi penyempurna ibadah umat Islam di dunia. Tidak heran bila sebelum berhaji, umumnya calon jemaah akan mempersiapkan diri sebaik mungkin, mulai dari mempersiapkan fisik untuk masa ibadah yang cukup panjang; menghafal doa-doa yang harus dipanjatkan selama berada di tanah suci; hingga persiapan mental dalam melaksanakan ibadah tertinggi dalam agama Islam ini. Oleh karena itu, meski keberangkatannya masih lama, ada baiknya kamu sudah mulai mempersiapkan diri.
  • Memilih agen perjalanan terpercaya, selain melalui haji reguler atau haji yang dikelola oleh pemerintah Indonesia, ada pilihan untuk melakukan perjalanan haji melalui agen perjalanan haji swasta jika kamu ingin melaksanakan haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat.. Pilihlah agen perjalanan haji terpercaya yang sudah berpengalaman serta memiliki ijin operasional dari Kementerian Agama untuk memastikan semua urusan persiapan dan perjalanan ibadah haji kamu lancar. Pastinya kamu mau dong punya pembimbing haji yang bisa membantumu beribadah dengan khusyuk.
  • Persiapan bekal bagi keluarga yang ditinggalkan, bila kamu adalah pencari nafkah utama dalam keluarga, tentunya kamu tidak hanya akan memikirkan bekal untuk perjalanan haji. Kamu juga harus memastikan bahwa keluarga yang ditinggalkan memiliki bekal yang cukup untuk biaya hidup mereka selama ditinggal melaksanakan ibadah haji. Inilah mengapa persiapan keuangan harus benar-benar dipikirkan matang, agar calon jemaah haji bisa fokus pada perjalanan ibadahnya.
  • Mengepak pakaian secara efisien, mengepak pakaian adalah aktivitas yang memiliki seni tersendiri. Disarankan untuk mempertimbangkan keadaan cuaca dan memilih pakaian dan perlengkapan yang serbaguna, misalnya untuk jaket dan sepatu, sehingga calon jemaah tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian. Selain itu, ada baiknya kamu mempelajari cara mengepak barang di tas dan koper secara efisien sehingga meski hanya membawa sedikit atau bahkan satu koper, semua kebutuhan kamu selama perjalanan bisa terakomodir.
  • Biasakan tanpa media sosial, meski tidak dilarang, bagi kamu yang terbiasa update dan posting setiap kegiatan di media sosial, sebaiknya persiapkan diri untuk menon-aktifkan akun media sosialmu agar bisa fokus menjalankan ibadah haji. Inilah saatnya untuk fokus meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT  tanpa teralihkan dengan media sosial dan godaan duniawi.
  • Persiapan biaya, menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang cukup besar dan memberatkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan hal yang aneh bila banyak yang harus menabung hingga puluhan tahun demi melaksanakan ibadah haji. Belum lagi masalah uang muka yang cukup besar dan harus dibayarkan bila seseorang ingin mendapatkan nomor keberangkatan haji. Bagi kamu yang sudah melek finansial, ada baiknya untuk mulai memperhitungkan instrumen tabungan atau investasi yang dirasa paling tepat untuk mengumpulkan biaya berhaji agar kamu bisa lebih cepat menjalankan ibadah, yang menurut data Kementerian Agama Republik Indonesia, waktu tunggunya bisa mencapai 29 tahun!
  • Memilih instrumen yang tepat untuk persiapan biaya, biaya yang cukup tinggi bisa menjadi penghalang seseorang untuk menjalankan ibadah haji. Namun tahukah kamu kalau sekarang sudah ada asuransi jiwa syariah yang bisa membantu masyarakat dalam perencanaan dana haji? Ya, kini ada Asuransi Bebas Tawakkal dari FWD Life yang dapat menjadi solusi untuk mendukung masyarakat dalam perencanaan keuangan untuk persiapan ibadah haji, sehingga besarnya biaya haji tidak lagi menjadi hambatan dengan masa tunggu relatif lebih cepat. Produk yang dirancang sesuai prinsip syariah ini menawarkan fitur perencanaan dana haji dengan nilai kontribusi mulai dari Rp1 juta per bulan serta manfaat asuransi jiwa dan fleksibilitas pengaturan penambahan dana. Asuransi Bebas Tawakkal juga menawarkan kemitraan dengan perusahaan agen perjalanan haji terpercaya sehingga memberikan ketenangan jiwa dan pikiran bagi para calon jemaah haji. Dengan produk ini, kamu bisa merencanakan untuk berhaji tanpa pusing memikirkan caranya dan tanpa khawatir karena FWD Life diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengelola dana haji kamu. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang Asuransi Bebas Tawakkal dari FWD Life di https://www.fwd.co.id/id/invest/bebas-tawakkal/
Persiapan yang cukup akan membuat kamu bisa menjalankan ibadah haji dengan tenang dan lancar. Yang pasti, perencanaan keuangan yang kamu pilih bisa menentukan kapan dan bagaimana cara melaksanakan ibadah haji kamu. Bagaimana, sudah siapkah kamu menunaikan rukun Islam yang kelima? (NN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.