Header Ads

Header ADS

6 Cara Kendalikan Amarah Di Tempat Kerja



Sebagai manusia biasa, kita semua pasti pernah merasa marah. Sebagian besar orang pada satu titik mungkin pernah emosi karena adanya stres, konflik, dan/atau politik di tempat kerja. 

Beberapa pemicu tersebut tentu saja dapat menyebabkan kamu kehilangan kepala dingin. Sangat mudah untuk bereaksi berlebihan saat situasi ‘memanas’ di saat emosi meledak-ledak dan kamu tidak dapat berpikir jernih. Untuk menghindari peristiwa tidak menyenangkan yang akan merusak kredibilitas profesional, JobStreet.com berbagi beberapa langkah sederhana untuk memperbaiki situasi dan kembali tenang.

1. Cari udara segar
Kami paham besarnya godaan untuk ‘menyerang’ saat batas kesabaran kamu sudah habis; ketika satu-satunya hal yang ingin dilakukan adalah meneriakkan kata-kata kasar dan memukul seseorang. Demi reputasi diri, bangkit berjalan, carilah udara segar, dan jangan berhenti sampai tenang kembali.

2. Curhat pada kolega yang dipercaya
Ceritakan masalah kepada kolega yang kamu percayai. Hal ini membantu untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda serta objektif dari seseorang yang tidak terpengaruh secara pribadi oleh masalah tersebut.

3. Tarik nafas
Walau terdengar sederhana, tetapi mengambil nafas adalah salah satu cara paling efektif untuk memperlambat detak jantung dan memberi kesempatan pada diri untuk meredakan emosi dan kembali berpikir dengan jernih.

4. Berhitung sampai angka 10
Sama halnya dengan mengambil nafas, menghitung angka 1 sampai 10 memberi kamu kesempatan untuk diam sejenak, menenangkan diri dan kembali fokus. Intinya adalah keluar dari situasi yang membuat stres sehingga tidak terpancing untuk bereaksi secara emosional.

5. Fokus pada gambaran keseluruhan
Jangan biarkan perhatian teralihkan oleh masalah sepele, misalnya mencari tahu siapa yang sebenarnya menyebabkan kekacauan tersebut. Fokus pada target yang dituju dan cari solusi untuk mencapainya. Hal-hal lainnya tidak perlu diambil pusing.

6. Coba untuk mengalah
Jika kamu sedang berurusan dengan kolega yang menyulitkan, kami paham perasaan kamu. Menanggapi mereka tidak akan menyelesaikan masalah, jadi cobalah mengalah dan menjadi pihak yang lebih bijak.

Tidak mudah untuk mengendalikan rasa marah ketika seluruh bagian tubuh serasa murka dan uap rasanya keluar dari kedua telinga kamu, tetapi kemampuan untuk tetap tenang dan berkepala dingin dalam situasi penuh tekanan merupakan ciri kepemimpinan yang kuat. Jika kamu bercita-cita untuk meniti karier di bidang manajemen di masa depan, kemampuan ini patut untuk diasah. 

Untuk mendapatkan info lowongan terlengkap di berbagai bidang dan posisi, kunjungi JobStreet.com sekarang untuk mendapatkan karier yang lebih baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.